Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

Tingkatan Karir Data Scientist

Tantangan Menulis Hari Ke-126

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Salah satu tugas di kantor mengarahkan saya pada sebuah pencarian mengenai tingkatan karir seorang data scientist. Berdasarkan buku Build a Career in Data Science karangan Emily Robinson, ada tiga tingkatan. Apa saja?

1. Junior Data Scientist. Merupakan seseorang yang mampu menyelesaikan tugas data science apabila diberikan petunjuk bagaimana menyelesaikannya. Jika diminta untuk menggunakan algoritma clustering untuk segmentasi pelanggan berdasarkan atribut bagaimana perilaku pembeliannya, seorang junior data scientist dapat melakukannya dengan arahan seorang manajer. Jika masalah teknis terjadi, seperti ada bugs di dalam kode atau sistemnya tiba-tiba tidak terhubung, mereka dapat berkonsultasi dengan anggota tim yang lain untuk menyelesaikannya. Umumnya Junior Data Scientist memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun.

2. Senior Data Scientist. Merupakan seseorang yang tidak hanya dapat menyelesaikan tugas data science, tetapi juga mampu menjabarkan tugas-tugas lain yang perlu dilakukan. Mereka tidak hanya mampu melakukan segmentasi sebagai contoh yang dituliskan di atas, tetapi juga dapat berkreasi dengan algoritma lain yang dapat diterapkan di permasalahan tersebut. Mereka sudah sangat mampu menyelesaikan isu teknis dan seringkali dapat membantu menyelesaikan permasalahan anggota tim yang lain. Umumnya seorang senior data scientist memiliki pengalaman selama 3-5 tahun.

3. Principal Data Scientist. Merupakan seseorang yang lebih senior dari seorang senior data scientist. Perannya lebih kepada memberikan konsultasi, dan pertolongan kepada pihak lain. Seorang principal data scientist pekerjaannya lebih kepada melaksanakan mentoring secara konsisten, membuat strategi, dan mengarahkan pandangan pada hal yang lebih umum dan lebih luas. Umumnya seorang Principal Data Scientist memiliki pengalaman kerja di bidang data selama lebih dari 5 tahun.

(Diterjemahkan dan disadur dari buku Build a Career in Data Science karya Emily Robinson Bab 16).

Kalideres, 4 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post